"COREL DRAW" Merubah Format .CDR menjadi .AI

Format .CDR kita tahu merupakan ekstensi resmi yang dihasilkan oleh software yang dikenalkan dengan nama Corel Draw. Banyak sekali versi dan fungsi dari Perusahaan Pembuat Aplikasi Desain ini, seperti Corel Photo, Corel Connect, dan Corel Draw untuk membuat desain itu sendiri. Nah hasil desain project yang dihasilkan dari Corel Draw itu akan berformat .cdr.
Corel Draw adalah salah satu software desain grafis paling populer dan paling banyak digunakan. Bisa dibilang Corel Draw merupakan software desain grafis paling mudah untuk digunakan. Corel Draw banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk membuat spanduk, nama, poster, brosur, pamflet, dan desain menarik lainnya. Corel Draw banyak digunakan untuk membuat desain grafis alasannya tentu tidak lepas dari softwarenya dan juga aneka fitur menarik yang disediakan. Penggunaan yang mudah serta ringan sehingga proses pembuatan desain grafis akan lebih cepat. Itulah sedikit ulasan dari software Corel Draw.

Lalu apakah bisa project Corel Draw diubah ekstensi nya menjadi .ai agar bisa dibuka di Adobe Ilustrator ???

BAGAIMANA CARA MERUBAH .CDR MENJADI .AI ???

Dan pada artikel ini, saya akan membagikan langkah-langkah “Cara Merubah Format .CDR menjadi .AI” di Laptop atau PC yang teman-teman gunakan. Jadi langkahnya cukup mudah, teman-teman dapat melakukannya menggunakan software Corel Draw itu sendiri. Di sini saya menggunakan software CorelDRAW Graphics Suite X7.

Silahkan bagi teman-teman yang belum memiliki software CorelDRAW Graphics Suite X7 dapat melihat postingan saya sebelumnya. Untuk yang sudah memiliki software CorelDRAW Graphics Suite X7 silahkan langsung masuk ke step pertama. Kuyyyy
  • Langkah pertama, Silahkan teman-teman menyiapkan secangkir kopi sambil menjalankan software Corel Draw X7 dilanjutkan membuat project teman-teman atau dapat langsung membuka project .CDR teman-teman menggunakan software Corel Draw X7.  
  • (Di sini saya membuka project lama saya yang berjudul FKMP BINGO.cdr), apabila teman-teman sudah selesai membuat project atau membuka project lama teman-teman. Silahkan langsung klik File > Save As. 
  • Kemudian akan terbuka jendela Save Drawing. Silahkan teman-teman mengatur lokasi penyimpanan file tersebut, dan atur nama file baru tersebut pada kolom File Name.
  • Yang harus diperhatikan di sini adalah bagian Save As Type, Ubahlah formatnya menjadi AI - Adobe Ilustrator (*.ai) 
  • Berikutnya silahkan klik Save.
  • File baru dengan format (.AI) sudah berhasil dibuat dan teman-teman dapat membukanya langsung pada software Adobe Ilustrator.
  • Langkah terakhir, Silahkan habiskan secangkir kopi milik teman-teman yang tadi. :) :) :) Selesai……….
Sekian tutorial dari saya mengenai “Cara Merubah Format .CDR menjadi .AI”, mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan manfaat positif bagi semuanya. Jika teman-teman ada pertanyaan silahkan tuliskan pertanyaannya di kolom komentar. Terima Kasih
Selamat Belajar…………
Share:

No comments:

Blog Sidebar