Tutorial Instalasi Microsoft Visual Basic 2008

Tutorial Instalasi Microsoft Visual Basic 2008 - Sebelum membahas mengenai tutorial instalasi software ini sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu penjelasan sedikit dari Microsoft VB.NET itu sendiri. Microsoft Visual Basic .NET merupakan suatu alat/software untuk PC untuk yang digunakan untuk mengembangkan dan membangun sebuah aplikasi yang bejalan di atas sistem .NET Framework dengan menggunakan bahasa pemrograman basic. Melalui software ini, para programmer bisa membuat aplikasi Windows Forms, aplikasi web berbasis ASP.NET, dan juga aplikasi command-line. Bahasa Visual Basic .NET sendiri menggunakan bahasa pemrograman berorientasi objek dan ada beberapa versi Visual Basic yang dirilis, yakni: 
             Visual Basic .NET 2002 (VB 7.0),
             Visual Basic .NET 2002 (VB 7.0),
             Visual Basic .NET 2002 (VB 7.0),
             Visual Basic 9.0 (Visual Basic 2008),
             Visual Basic 2010.


Setelah teman-teman sedikit mengerti tentang software ini, langsung saja saya sampaikan tutorial Instalasi Microsoft Visual Basic 2008 agar teman-teman bisa segera mencoba dan mengembangkan kemampuan anda menggunakan software ini. Berikut langkah-langkanya: 
Pertama, teman-teman harus sudah mempunyai Microsoft Visual Basic 2008, jika teman-teman belum memilikinya bisa teman-teman download di situs resminya atau bisa menghubungi admin di kolom komentar. Kemudian buka folder Microsoft Visual Basic 2008 lalu cari file dengan nama setup.exe kemudian double klik pada setup tersebut. Lihat gambar di bawah ini.





Setelah teman-teman double klik setup.exe maka akan dibawah ke tahab berikutnya. Kemudian Teman-teman pilih Install Visual Studio 2008. Lihat gambar di bawah ini.





Kemudian akan muncul jendela baru, tunggu saja proses berjalan hingga selesai. Teman-teman boleh memberikan ceklis pada opsi “Yes, send information about …………” ataupun tidak.




Setelah proses berjalan hingga selesai, klik saja “Next”.





Kemudian setelah teman-teman klik next maka akan muncul tahab berikutnya. Lalu teman-teman beri ceklis pada opsi "I have read and accept the license terms" kemudian klik “Next”, lihat gambar dibawah ini.





Lalu setelah teman-teman klik Next,maka akan muncul jendela baru dimana teman-teman diberikan opsi Visual Studio yang akan di instal menggunakan fitur yang mana. Silahkan pilih saja opsi “Default”. Terdapat juga informasi jumlah kapasitas yang digunakan untuk menginstall Visual Studio 2008 ini. kemudian klik “Install”. Lihat gambar di bawah ini.





Proses instalasi sedang berjalan, proses ini lumayan memakan waktu cukup lama. Tunggu sampai proses instalasi selesai.







Setelah proses instalasi selesai, akan muncul jendela baru yang menyatakan insall “Success, Visual Studio Setup is Complete”. Klik saja “Finish”.





Berikutnya akan muncul jendela baru, klik saja “Exit”. Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa melihat gambar di bawah ini.





Proses instal Visual Basic 2008 telah selesai, sekarang teman-teman telah memiliki software tersebut di komputer teman-teman dan siap untuk digunakan. Untuk mencobanya silahkan teman-teman buka dan mencoba membuat sebuah project baru.

Sekian tutorial dari saya mengenai Tutorial Instalasi Microsoft Visual Basic 2008, mudah-mudahan artikel ini bisa meberikan manfaat bagi semua orang. Jika teman-teman ada pertanyaan silahkan tuliskan pertanyaannya di kolom komentar. Terima Kasih.
Share:

No comments:

Blog Sidebar